Cara menulis artikel yang baik dan benar

Caramenulis artikel yang baik dan benar - Kali ini saya akan membahas tentang tips bagaimana sih cara menulis artikel yang baik dan benar. Baik dan benar disini bisa menurut kaidah bahasa serta menurut runtutan secara kronologis peristiwa atau panduan.

artikel seo

Anda wajib tahu tentang cara menulis artikel yang baik dan benar karena ini penting. Supaya dibaca orang lain bisa menimbulkan rasa penasaran. Tulisan yang baik artinya ditulis secara utuh dan menyeluruh, serta kalimat-kalimatnya nyambung.

 
Sedangkan artikel dapat dikatakan benar jika artikel yang anda tulis merupakan suatu kejadian nyata (fakta) bukan gossip bukan berita bohong, dan bukan artikel sampah yang berisi suatu konsep ngawur tanpa didasari data-data dan pengalaman.

Lalu, bagaimana susunan yang baik dalam sebuah artikel??

Menulis artikel yang baik dan benar harus memiliki struktur tata bahasa minimal harus ada paragraph pembuka, paragraph isi, dan paragraph penutup. Untuk lebih jelasnya silahkan simak baik-baik dibawah ini.

#1 Paragraph pembuka

Paragraph pembuka tidak usah banyak-banyak, dan tidak usah panjang lebar karena kebanyakan basa-basi juga tidak baik yang mengakibatkan pengunjung merasa jengah. Biasanya cukup 1-2 paragraf saja.

Contoh paragraph pembuka :

“kali ini saya akan membahas tentang …..”

“para kesempatan yang baik ini saya akan menulis berkaitan ….”

“halo bro, apa kabar? Semoga sehat selalu yah… berjumpa lagi pada postingan yang ditunggu-tunggu yaitu tentang ….” dsb.

#2 Paragraph isi

Pada paragraph isi ini adalah point-point penting dari sebuah artikel. Artinya disini anda menjelaskan apa-apa yang akan dibahas pada topic yang akan anda tulis secara utuh dan menyeluruh.

Jika isi artikel adalah berita, maka gunakanlah unsure-unsur berita yang mencakup 5w + 1h yang akan dibahas pada sub berikutnya. Tetapi jika isi artikel yang dibahas adalah suatu tutorial maka biasanya cukup apa, mengapa, dan bagaimana.

#3 Paragraph penutup

Paragraph penutup berisi kalimat-kalimat penutup dan kalimat pemicu yang mengandung suatu bujukan atau berupa permintaan agar pembaca meninggalkan komentar maupun tangganpannya kepada artikel kita.

Apa yang harus ditekankan pada paragraph isi???

Pada paragraph – paragraf isi sebaiknya anda harus memperhatikan unsur-unsur berikut ini supaya nulis artikel itu enak dan mengalir tanpa beban. Dan dibaca oleh orang lain pun mudah-mudahan enak juga.

#1 Gunakan teori 5w + 1 h (what, when, where, who, why, how)

Mari kita bahas penjelasan tentang 5w+1h dibawah ini. Usahakan setiap paragraph maksimal jangan lebih dari 4 baris. Kalo bisa sih setiap paragram 3 baris saja biar yang baca betah dan gak bosen.

What (apa)

Tentang APA yang akan dibahas. Unsur what ini sangat penting berisi tema/ topic suatu cerita, tutorial ataupun berita dan feature. Digunakan dalam penulisan berita dan tutorial-tutorial.

When (kapan)

KAPAN terjadinya. Kapan kejadiannya/ peristiwanya. Waktu terjadinya suatu peristiwa ini merupakan unsur yang harus ada dalam penulisan sebuah artikel terutama untuk artikel yang bersifat informatif atau berita.

Where (dimana)

DIMANA tempat kejadian suatu peristiwanya. Biasanya unsur where ini juga digunakan dalam penulisan berita baik di media televisi maupun di media surat kabar. Tidak cocok untuk artikel tutorial. Kalopun mau dikaitkan ya boleh-boleh saja sih tapi bukan suatu keharusan.

Who (siapa)

SIAPA saja yang terlibat dalam suatu peristiwa atau kejadian. Semua orang yang ada dalam peristiwa biasanya akan disebut baik pada suatu berita tv ataupun media masa. Untuk kategori tutorial who tidak dicantumkan paling hanya si penulis blog saja, hehe.

Why (mengapa)

MENGAPA kejadian itu bisa terjadi? Mengapa suatu tutorial itu penting ditulis? Mengapa anda harus belajar tentang blog? dsb… itulah sub topic yang bisa dijadikan untuk mengembangkan suatu berita atau artikel.

How (bagaimana)

Bagaimana cara tentang sesuatu?

Bagaimana urutan kejadiannya?

Bagaimana langkah-langkah membuat sesuatu? dsb…

biasanya untuk menuliskan suatu langkah-langkah tutorial, unsur howini sangat penting untuk menjelaskan suatu prosedural secara teknis atau langkah-langkah.

#2 Artikel yang baik dan benar belum tentu disukai google

Lalu, bagaimana cara menulis artikel yang disukai google, silahkan baca artikel saya tentang tips bagaimana cara menulis artikel yang disukai google.

#3 Menulis BERITA tidak sama dengan menulis TUTORIAL

Menulis berita memiliki unsur lengkap 5w+1h. sedangkan menulis tutorial biasanya hanya menjelaskan unsur what, why, dan how (apa, mengapa, dan bagaimana) saja.

#4 Urutan struktur bahasa harus utuh menyeluruh

Artinya dalam menulis 1 artikel urutan-urutannya harus utuh jangan terpisah-pisah atau loncat-loncat. Dan juga, artikel harus benar-benar tuntas dibahas. Jangan sampai tidak tuntas kecuali dengan sangat terpaksa, kare google tidak suka sama orang yang tidak sabar... hehe.

Kalo anda sudah terbiasa menulis sesuai aturan-aturan yang sudah saya jelaskan secara rinci diatas, kemudian sudah mantap akan mempublikasikan sebuah artikel kebanggaan anda, barulah klik PUBLISH untuk dapat dikonsumsi oleh masyarakat dunia atau yang membutuhkan.

Sekian tips bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar yang mudah-mudahan artikel yang anda buat adalah kategori artikel seo. Artikel seo adalah artikel yang mudah ditelusuri oleh robot google atau mesin pencari sehingga artikel bisa no. 1 dihalaman 1 google.

Demikian semoga postingan sederhana ini yaitu tentang cara menulis artikel seo yang baik dan benar bisa bermanfaat. Jika ada hal-hal yang mau ditanyakan silahkan saja jangan sungkan-sungkan untuk bertanya pada saya. Salam.

 salam sukses,

Postingan terkait: