Memahami widget blogger dan kegunaannya

Halow mas brow, gimana nih kabarnya…?? Baik yah… langsung saja deeh saya mau njelasin sedikit tentang macem-macem widget blogger beserta fungsinya, kali aja ada yang kepo dan memberikan manfaat buat pengunjung blog yang nyasar kesini, hehe…

Memahami widget blogger dan kegunaannya
Macam-macam Widget Blogger
 
Nah, berikut ini saya jelasin satu per satu macam-macam widget dengan fungsi atau kegunaan masing-masing widget blog tersebut yang tentunya bisa memberikan nilai lebih buat blog agan-agan cemuanya…. Okehlah, mari kita simak nggedabrusan dari saya, cekidowt gan!


#1 Adsense
Untuk menampilkan iklan dari akun google adsense anda. Iklan ini akan menghasilkan uang ketika ada orang yang mengeklik atau blog anda banyak pengunjungnya.

Baca juga : cara memasang unit iklan adsense pertama kali di blog

#2 Arsip
Untuk menampilkan semua daftar postingan artikel blog anda dari pertama kali anda menulis artikel sampai postingan yang terbaru saat ini.

#3 Popular post
Menampilkan postingan artikel yang paling banyak dikunjungi orang di blog anda.

#4 Random post
Untuk menampilkan postingan-postingan pada blog anda secara acak (random). Acak berarti postingan anda akan ditampilkan secara tidak teratur, artinya bukan hanya yang paling banyak pengunjungnya saja tetapi postingan apapun bisa muncul tanpa dikehendaki.

#5 Profil
Untuk menampilkan profil blogger anda ataupun profil google plus anda jika pengaturan blogger di dashboard anda atur yang diaktifkan adalah profl google plus.

#6 Google plus
Widget google plus ini berguna untuk menampilkan badge profil google plus anda di blog. Sehingga memungkinkan orang lain dapat berteman dengan anda melalui google plus. Caranya dengan menjadi lingkaran teman, pacar, sahabat, keluarga, dsb…, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan siapapun lewat google plus.

#7 Follow by email
Jika anda menampilkan widget ‘follow by email’ di blog, maka bisa jadi orang lain yang tertarik dengan konten/ isi artikel anda akan berlangganan artikel di blog anda lewat email. Pengunjung blog hanya memasukkan email saja kemudian klik ‘ikuti’ atau follow atau submit.

#8 Search by google
Untuk memberikan fitur kotak pencarian pada blog kita sehingga jika ada pengunjung yang ingin mencari artikel lain dapat menggunakan fasilitas search yang ada tinggal mengetikkan kata kunci saja. Dan ketika tekan enter atau klik search halaman google akan muncul beserta hasil pencariannya.

#9 Label
Label ini kalo di wordpress itu kategori setiap postingan yang ada di blog kita. Misalnya ada kategori ‘pendidikan’, google adsense, tutorial blogger, undangan, download desain, animasi. Itu yang disebut kategori….

Contoh saya punya artikel judulnya ‘cara membuat blog yang menghasilkan uang’ nah, kategori untuk judul postingan saya tersebut misalnya saya masukkan ke dalam kategori ‘tutorial blogger’ atau bisa juga ‘tutorial adsense’ yaaahhh, suka-suka sih, asal relevan ajah… heee

#10 postingan yang diunggulkan
Nah, fitur ini memang masih baru beberapa bulan lalu yang diluncurkan oleh blogger. Dan sangat bermanfaat sekali jika anda ingin mendongkrak postingan yang diunggulkan supaya ditampilan pada bagian paling atas sehingga akan mendapatkan view banyak dari pengunjung yang membaca blog anda.

Dll…. Masih banyak widget – widget pada blogger selain yang sudah dijelaskan diatas, anda tinggal menggunakannya sesuai dengan keperluan. Karena kalo ga sesuai keperluan bisa-bisa malah blog anda loadingnya berat alis lelet karena terlalu banyak widget yang dipasang.

Baca juga : memahami menu-menu di blogger beserta kegunaannya untuk pemula

Itu dulu mungkin yang dapat saya tulis hari ini tentang penjelasan widget blogger yang semoga saja bermanfaat buat blogger pemula yang istilahnya newbi seperti saya. Next time utawi lain kali nanti saya tambahin lagi deh kalo lagi gak males nulis, ntar saya update yang lebih komplit dan lebih jos lagi penjelasannya….
 
Demikianlah kalo agan-agan, mas bro mau tanya, silahkan saja… gak usah sungkan-sungkan lah wong kita juga sama-sama belajar disini… atau kalo ada yang mau ngasih kritik, masukan serta ralat, mongoooo…. Dengan senang hatiiii, hehehe

Salam sukses buat blogger Indonesia,

Muhammad Supendi
(admin pendi88.blogspot.com)

“Teriring do’a semoga para blogger Indonesia dapat meraih pundi-pundi dollar sampai ratusan ribu dollar yaaahhh perbulannya atau bahkan perharinya….terus beli mobil HUMMER deh yang harganya milyaran…. Hehehe…. Cemunguuuuttt eaaaa”

Postingan terkait: