Cara Kerja Magic Com

Setelah sebelumnya berbagi tentang artikel Cara Memperbaiki Setrika Listrik dan Cara Kerja Kipas Angin
Sekarang saya akan berbagi artikel alat listrik rumah tangga yatiu magic com atau magic jar.
Magic com merupakan alat memasak memanaskan nasi, asal mulanya alat ini bernama magic jar yang merupakan alat yang banyak digunakan sebagai pemanas nasi.
 CARA KERJA MAGIC COM
Magic com memiliki cara kerja yang relatif sederhana. Pada dasarnya magic com bekerja dari sumber listrik yang masuk ke panel pengontrol dan masuk ke sistem elemen pemanas. Ketika panel pengontrol diaktifkan ke posisi memasak, element akan aktiv pda posisi panas yang dikehendaki, Jika nasi yang dimasak sudah matang maka akan secara otomatis panel akan berpondah ke posisi pemanas. Jadi intinya cara kerja ini adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas melalui element pemanas.

KOMPONEN MAGIC COM
  • Kabel power
  • Pan atau panci
  • Lampu indikator
  • Bodi atau rumah
  • Sakelar
  • Elemen pemanas
  • Otomatis
MENGATASI PERMASALAHAN SEPUTAR MAGIC COM
Lampu indikator Magic com tidak menyala
Lampu indikator tidak menyala biasanya disebabkan kabel power putus / lepas atau lampu indikatornya putus / lepas. Untuk memperbaikinya silahakan ikuti tahapannya :
- Lepaskan kabel power atau kabel penghubung dari stop kontak. pastikan kabel tidak putus dan masih bisa digunakan.
- Buka penutup atas  magic com, lalu angkat panci tempat nasi
- lepaskan pelapis kedua bagian bawahnya lalu periksa lampu indikatornya . jika kabel penghubung atau lampu indikator lepas segera pasang kembali.
- jika lampu indiktor berwarna hitam , berarti lampu indikator itu putus segera ganti yang baru.
- selain memeriksa lampu, periksa pula komponen papan panelnya, seringkali kapasitor , resistor dan komponen lainnya terbakar . Jika ada komponen yang terbakar , lepas komponen tersebut kemudian ganti dengan yang baru.

Otomatis magic com tidak jalan
untuk melihat atau memeriksa otomatis masih berfungsi atau tidak  pastikan kabel power dalam kondisi on dan tutuplah magic com dengan rapat , tunggu hingga kira-kira 15 menitan. Lihatlah lampu indikator warm. Apabila mati dalam beberapa saat kemudian menyala lagi artinya otomatis magic com masih dalam keadaan bagus. Jika tidak mati dan menyala terus berarti otomatis magic com tidak berfungi dan harus diganti
Untuk memperbaiki masalah ini ikutilah langkah-langkahnya :

-Lepaskan kabel power  atau kabel penghubung dari stop kontak
- Buka penutup atas magic com lalu angkat panci tempat nasi
- Lepaskan pelapis dua bagian bawah
- Lepaskan pengait yang ada pada badan atau bodi magic com
- Priksa platinan otomatis untuk mengetahui kondisi sakelar on-off masih dalam keadaan bagus atau tidak
- Bersihkan kontak platina dengan kertas ampelas atau kertas gosok . Kemudian coba setelan platinanya.
- Jika terdapat thermostat yang menghubungkan element  dengan platina otomatis, periksalah masih tersambung atau tidak dengan menggunakan multimeter . Jika putus segera ganti dengan yang baru.

Semoga bermanfaat dalam membantu mengatasi perbaikan yang anda jalani serta menjadi salah satu bagian acuan walaupun ini hanya sekedar teori akan tetapi akan sangat bermanfaat jika bagi orang yang awam.
Terimakasih.

Postingan terkait: