Kalender 2017 Spesial 212 Aksi Damai

Kalender 2017 memiliki sampul gambar yang unik yang pasti semua orang tahu tentunya,
Kalender merupakan sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu. Nama ini dikenal sebagai tanggal kalender. Tanggal kalender ini bisa didasarkan daripada gerakan-gerakan pada benda angkasa seperti matahari atau bulan.

1. Kalender Mesir
Kalender Mesir atau dikenal juga sebagai kalender Qibti. Pada zaman dahulukalender ini selain digunakan untuk menandai aktivitas budaya, kalender juga digunakan untuk meramalkan fenomena-fenomena mistis yang terkait dengan penyakit, kesembuhan, kelahiran dan kematian seseorang. Bahkan, digunakan untuk meramalkan kekuasaan dan kejayaan seorang raja. Sejumlah supranaturalis di Mesir sampai kini masih ada yang menggunakan kalender Qibti ini secara rahasia untuk kegiatan-kegiatan mistis. Tetapi, secara umum di negeri Mesir modern telah berlaku dua penanggalan, yaitu : Gregorian atau Masehi dan penanggalan Islam atau Hijriyah.

2. Kalender Maya
Kalender kuno lain yang tercatat sejarah adalah kalender Maya. Kalender yang sempat gempar pada tahun 2012 kemaren ini disusun ribuan tahun lalu oleh bangsa Maya, di Amerika Tengah. Diperkirakan kalender ini diciptakan sekitar tahun 747–353 SM. Dan peradaban mereka mencapai puncaknya pada tahun 250 – 900 M.

3. Kalender China.
Kalender jenis ini lebih tua dari pad kalender Maya. Penanggalan yang diciptakan di zaman kaisar Huang Ti abad ke-30 SM (2.698-2.599 SM) itu merupakan penanggalan yang paling lama digunakan dalam peradaban. Yakni, hampir 5000 tahun.

4. Kalender Jepang
Kalender Jepang sering menggunakan kalender yang diadaptasi dari kalender China dipadu dengan kalender Gregorian. Dan sampai akhir tahun ke-5 zaman Meiji atau sekitar 1873, Jepang masih mempergunakan Kalender Tempo (Temporeki). Namun sejak tahun ke-6 pada zaman Meiji atau 1 Januari 1873, Jepang menggunakan sistem Kalender Gregorian.

5. Kalender Julian – Gregorian
Kalender ini merupakan kalender yang paling banyak digunakan di dunia internasional. Dikenal juga sebagai cikal-bakal kalender Masehi. Pada awalnya, kalender ini berasal dari kalender Romawi. Akan tetapi karena banyak kelemahan dan kekacauannya, maka kaisar Romawi saat itu Julius Caesar mengubahnya atas saran seorang ahli astronomi bernama Sosigenes, dan mulai diberlakukan pada 1 Januari tahun 45 sebelum Masehi. Ketika masih sebagai penanggalan Romawi Kuno, jumlah bulannya pun dalam setahun hanya 10 bulan saja. Dan jumlah hari dalam sebulannya dipukul rata menjadi 30 hari. Tetapi sejak zaman Julius Caesar, kalender itu akhirnya disempurnakan dengan cara menambahkan dua bulan Yaitu Januarius/Januari dan Februarius/Februari maka dari itu menjadi 12 bulan sebagaimana kita kenal pada saat ini.

6. Kalender Hijriyah
Kalender hijriyah merupakan kalender yang masih aktif digunakan oleh Triliuan penduduk Bumi. Dikawasan-kawasan yang banyak penduduk Islamnya. Cikal-bakal kalender Hijriyah ini sebenarnya sudah ada sejak zaman pra-Islam di kawasan Timur Tengah, dengan berpatokan pada Matahari dan Bulan. Pada awalnya, jumlah bulan dalam setahun adalah 13 bulan, dengan pergantian tahunnya di penghujung musim panas yang jatuh di bulan September. Penamaan kalendernya pun disesuaikan dengan musim ataupun kondisi kemasyarakatan yang sedang terjadi. Bulan pertama misalnya saja dinamai Muharram karena di bulan ini seluruh suku di semenanjung Arab bersepkat mengharamkan peperangan dan lain sebagainya.

Bagi teman-teman semua yang ingin memiliki kalender yang unik serta bersejarah maka tidak ada salahnya untuk print out atau mengambil kalender yang di sajikan berikut ini :

Januari
Keterangan :
01 Januari : Tahun Baru 2017 Masehi
02 Januari : Cuti Bersama
28 Januari : Tahun Baru Imlek 2568 Kongzili

Pebruari

Maret
Keterangan :
28 Maret : Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939

April
Keterangan :
14 April : Wafat Isa Al masih
24 April : Isro Mi'roj Nabi Muhammad SAW
Mei
Keterangan :
01 Mei : Hari Buruh Internasional
11 Mei : Hari Raya Waisak 2561
25 Mei : Kenaikan Isa Al Masih

Juni
Keterangan :
01 Juni : Hari Lahir Pancasila
23 Juni : Cuti Bersama
25 - 26 Juni : Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah
27 - 30 Juni : Cuti Bersama

Juli

Agustus
Keterangan :
17 Agustus : Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

September
Keterangan :
01 September : Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah
21 September : Tahun Baru Islam 1439 H

Oktober

Nopember

Desember
Keterangan :
01 Desember : Maulid Nabi Muhammad SAW
25 Desember : Hari Raya Natal
26 Desember : Cuti Bersama

Demikianlah artikel untuk kalender tahun 2017 spesial edisi 212 aksi damai, silahkan yang minat untuk print out maupun menyimpannya di handphone atau laptop langsung ambil saja. semoga bermanfaat.

Postingan terkait: