Keindahan Batu Layang

Batulayang merupakan salah satu tempat yang alami yang masih perawan akan kesegaran dan kesejukan alam, udara dan pemandangannya, banyak orang yang dari luar desa berbondong-bondong untuk sekedar memanjakan dirinya dengan keindahan hutan alami ini. serta banyak juga yang mengadakan jejak petualang serta kemping disekitar area puncak batuayang ini. Siapa sangka tempat ini memberikan pemandangan yang sangat luar biasa apalagi ketika menjelang sore, tengah maam dan pada pagi harinya.

Berikut dokumentasi saya ketika mendaki ke batulayang bersama rekan-rekan  :

Keindahan batulayang pada saat masih penuh dengan alang-alang
Jika batulayang ingin terus terjaga setidaknya harus ada gerakan seperti halnya
* Adanya reboisasi
Reboisasi merupakan salah satu alternatif untuk melestarikan hutan. Reboisasi itu sendiri merupakan menanam kembali hutan-hutan yang sudah rusak yang merupakan cara mencegah hutan gundul, sehingga hutan akan tetap terjaga keberadaannya serta tetap bisa di gunakan oleh manusia dalam ruang publik kehidupan. Dengan adanya reboisasi ini hutan akan semakin tetap hidup. Selain itu, dengan adanya reboisasi, hutan akan kembali menghijau dan terus menghijau dan akan menjadi lestari dan bersih.
*Tidak membuang sampah sembarangan
Contoh kecil dan nyata yang seringkali manusia lakukan adalah dengan tanpa atau dengan sengaja membuang sampah sembaranagn baik di hutan. Bahkan putung rokok pun di buang sembarangan. Hal ini sangat rawan sekali terjadinya bencana yang tidak dinginkan. Seperti kebakaran hutan yang seringkali di alami oleh negara Indonesia saat ini.








* Melindungi dan menjaga habitat
Keberadaan mahkluk hidup di hutan sangat di pentingkan dan perlu juga untuk dilindungi. Hal ini di perlukan karena keberadaan mahluk hidup ini perlu di jaga agar tidak mengalami kepunahan.
Tidak mencoret-coret benda-benda
Banyak sekali para remaja atau dewasa yang jika ada suatu kunjungan atau mendatangi hutan-hutan yang ada di pegunungan banyak sekali hal hal yang sudah di lakukan. Seperti meninggalkan jejak mereka dengan cara mengukir suatu tulisan di batang pohon, atau mencoret-coretnya dengan sesuatu yang membuat kelestarian hutan menjadi berkurang. Hal ini sangat perlu untuk di cegah agar tetap terjaga dan bersih.
Dan masih banyak lagi langkah-langkah pelestarian dalam menjada hutan kita tercinta, semua itu harus adanya kesadaran dari setiap penjelajah atau pengunjung, mudah-mudahan batulayang akan tetap terus terjaga serta menjadi salah satu tempat yang penuh akan keindahan, kealamian serta kesejukannya.

Postingan terkait: