Karangtaruna Cakra Kencana

Karang Taruna merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia. Karang Taruna yang menjadi wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran serta rasa tanggungjawab sosial dari / oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda diwilayah Desa atau Kelurahan atau komunitas sosial sederajat lainnya, yang terutama bergerak didalam bidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna juga merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga di mana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa atau Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.
VISI Karangtaruna Cakra Kencana :
Karang Taruna Cakra Kencana Sebagai Wadah Pembinaan Serta Kreatifitas Dan Kemampuan Generasi Muda Untuk Menjalin Ikatan Kebersamaan Dan Persaudaraan Tanpa Perbedaan Dalam Mewujudkan Generasi Muda Yang Menjunjung Persatuan, Kemandirian, Trampil, Tangguh, Berakhlak Serta Berkualitas.

MISI Karangtaruna Cakra Kencana :
1. Mewujudkan Kerukunan Dan Persatuan Antar Pemuda Karang Taruna
2. Meningkatkan Dan Memperluas SDM Demi Masa Depan Yang Lebih Baik Melalui Bidang Masyarakat Dan Menjalin Kerjasama Dengan Instansi Pemerinta Ataupun Pihak Lain, Melalui Pengembangan Kelompok Usaha Bersama.
3. Meningkatkan Prestasi Baik Dalam Seni, Olahraga Maupun Lainnya.
4. Meletakkan Nilai-Nilai Keimanan Dan Ketakwaan Dalam Berbagai Aspek Kehidupan
5. Kepedulian Terhadap Lingkungan Sosial Masyarakat.

MOTTO Karangtaruna Cakra Kencana :
Musyawarah Mencapai Mufakat Dengan Kebersamaan.

Sebagian Dokumentasi Aktivitas Karangtaruna Cakra Kencana yang awal mula dibentuk untuk ikut serta dalam bermasyarakat :
Antusiasme para pemuda pada awal pembentukan karangtaruna cakra kencana
Suasana rapat dengan para tokoh agama dan  masyarakat dalam rangka pembentukan karangtaruna cakra kencana serta memberi masukan dan bimbingan kepada seluruh anggota :
Rapat terbuka dalam mempersiapkan untuk perayaan hari 17 Agustusan di setiap tahun selalu ramai dengan acara baik dari kalangan anak-anak sampai dengan kalangan yang orang tua,
Pembentukan koordinator lapangan pada awal pembentukan karangtaruna cakra kencana
Kreativitas pemuda karangtaruna cakra kencana yang sangat antusias di dalam memajukan perkembangan dunia serta ikut serta dalam memberikan sebuah karya dalam segala bidang
Karang Taruna Cakra Kencana dalam tahap awal serta ikut serta dalam meramaikan, memajukan, mensukseskan dalam berbagai bidang terutama hal kepemudaan.

Karang Taruna itu beranggotakan pemuda dan pemudi (dalam AD/ART nya diatur keanggotaannya mulai dari pemuda/i berusia mulai dari 11 - 45 tahun) dan batasan sebagai Pengurus yaitu berusia mulai 17 - 35 tahun. Karang Taruna didirikan dengan memiliki tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada setiap remaja, baik dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

Postingan terkait: