Letak Daerah Refleksi Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan

Letak daerah refleksi pada kepala selalu menyilang. Misalnya sakit mata dibagian kiri maka cara memijatnya di bagian kaki sebelah kanan. Daerah refleksi tubuh bagian bawah kepala selalu sejajar. Misalkan sakit bahu kiri maka cara memijatnya adalah di bagian kaki kiri.
1. Ginjal
Ditengah telapak kaki, letaknya agak ke dalam dan perlu memijat keras supaya mengena pada area sekitar. Setelah dipijat maka air kencing / urin dapat berubah menjadi agak kuningkecoklatan atau agak kemerah-merahan dan agak berbau.

2. Lambung
Dibagian atas cekungan telapak kaki, sebesar ibu jari. Daerah ini sangatlah peka. Apabila diraba sering terasa ada semacam benjolan atau bengkak kecil dan itulah kotorannya terdapat di kedua kaki.

3. Ranang
Terletak didaerah dekat ujung sendi ibu jari kaki.

4. Empedu
Terletak hanya dikaki sebelah kanan, didalam daerah refleksi lever. Bila empedu berbatu atau sudah di operasi masih bisa di rasakan ada benjolan kecil kalau syaraf itu masih kotor.

5. Syaraf Sciatica
Terletak didaerah sisi dalam betis kanan dan di sebelah sisi luar betis kiri. Pijat ke arah jantung. Dan apabila sakitnya parah maka jangan dipijit terlalu keras, atau alihkan kedaerah refleksi yang berada di lengan.

6. Kelenjar Adrenal
Terletak cukup dalam dan perlu di pijat keras agar terasa.

7. Kelenjar Paratiroid
Diantara telapak kaki dan sisi kaki.

8. Usus Besar
Kakai kanana merupakan daerah refleksi usus besar asendens dan usus besar transversus bagian depan, kaki kiri merupakan dareah refleksi usus besar transversus bagian akhir dan usus desendens.

Sebelum memijat perhatikan hal-hal berikut ini :

1. Bagi pemula hendaknya mengetahui ilmu penyakit dan anatomi tubuh manusia. Mendalami dan menghafal zona atau daerah - daerah refleksi di seluruh tubuh manusia.
2. Pakailah minyak urut supaya kulti tidak lecet ketika dipijat.
3. Sebaiknya melakukan pijatan 2 atau 3X dalam satu minggu. Jangan memijat setiap hari.
4. Setiap refleksi biasanya dipijat 5 menit, jika sakitnya keras boleh dipijit 10 menit.
5. Jika pemijatan terlalu keras dan pasien merasa kesakitan, maka tekanan pijatan dikurangi dari memindahkan pijat ke bagian lainnya.
6. Jangan pijat pada waktu :
 Pasien menderita penyakit menular
 Bagian tubuh yang terluka atau bengkak.
7. Reaksi sesudah dipijat :
Sakit ginjal :  setelah dipijat kadang-kadang mengeluarkan air kencing berwarna kecoklatan atau merah, ini gejala baik, teruskan.
Sakit pinggang : setelah dipijit 3 hari maka ada kalanya pada hari ke empat punggung makin sakit, ini berarti rintangan peredaran darah berhasil dibobolkan, teruskan.
Suhu badan naik : ini normal saja sebagai reaksi kelenjar refleksi.
Timbul luka / borok dipaha : berarti kotoran didalam darah tidak bisa dibuang secara normal sehingga dibuang melalui luka / borok.
Urat darah menonjol : berarti sirkulasi darah makin lancar.
Tumit bengkak : kelenjarnya masih terhambat.
Salah satu bagian tubuh ada yang sakit : ini disebabkan rintangan peredaran darah berhasil dibobolkan.

Demikianlah artikel mengenai letak daerah refleksi serta hal yang oeru diperhatikan sebelum memijat. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat menjadikan sebuah ilmu yang berguna.

Postingan terkait: