Cara Kerja Kipas Angin

Pada kehidupan sehari-hari pasti sudah tidak asing lagi yang namanya Kipas Angin
apalagi kalau cuaca didaerah anda semua tergolong panas seperti di atas kompor hehe
dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara kerja dan tahap demi tahapnya
KIPAS ANGIN
Kipas angin, fungsi umumnya adalah sebagai pendingin udara , penyegar udara, ventilasi (exhaust fan) dan pengering (umumnya yang memakai komponen penghasil panas).

CARA KERJA KIPAS ANGIN

Pada umunya cara kerja kipas angin ada pada pemutar kipas angin yang digeerakkan oleh motor listrik. Prinsip yang digunakkan adalah mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Dalam sebuah motor listrik terdapat suatu kumparan besi pada bagian yang bergerak beserta sepasang magnet U berbentuk pipih pada bagian yang diam (permanen). Listrik yang mengalir pada lilitan kawat dalam kumparan besi akan membuat kumparan besi menjadi sebuah magnet. Karena sifat magnet yang saling tolak pada kedua kutub, gaya tolak menolak magnet antara kumparan besi dan magnet membuat gaya berputar secara periodik pada kumparan besi tersebut. Akibatnya, baling-baling kipas angin yang dikaitkan ke poros kumparan dapat berputar. Penambahan tenaga listrik pada kumparan besi yang akan menjadi gayakemagnetan ditujukkan untuk memperbesar embusan angin pada kipas angin.

Pada dasarnya semua jenis kipas angin mempunyai cara kerja yang sama, yang membedakan hanya pada posisi penempatan kipas angin.
Berikut jenis-jenis kipas angin yang umumnya digunakan dalam rumah tangga

- Kipas angin berdiri (standfan)
- Kipas angin duduk atau meja (deskfan)
- Kipas angin dinding (wallfan)
- Kipas angin langit-langit (orbitfan)

KOMPONEN KIPAS ANGIN

Komponen utama kipas angin :
- Motor penggerak, jenis motor listrik yang dipakai umumnya motor induksi fasa belah, yaitu motor kapasitor. Motor ini mempunyai kumparan utama dan kumparan bantu yang diseri dengan kapasitor.
 - Kipas, bagian berbentuk baling-baling yang satu poros dengan rotor motor. Baling-baling ini akan berputar saat motor penggerak dioperasikan.
- Rumah kipas, pelindung baling-baling yang berputar, berbentuk kisi-kisiatau tralis.- Rumah motor, tempat dudukkan untuk meletakkan motor dan komponen-komponen lainnya yang terbuat dari bahan ebonite.
- Stand atau dudukan kipas lengkap dengan pengatur kecepatan. Alat ini berfungsi untuk menempatkan kipas dan rotor penggeraknya, dilengkapi dengan alat atau tombol pengatur kecepatan serta tombol on motor.
- Bodi atau casing, sebagai pelindung dari panel bagian dalam dan elemen. Pada bagian ini biasanya terdapat sakelar dan terminal untuk kabel tenaga.

Komponen sekunder kipas angin
Berikut beberapa bagian komponen lain yang dimiliki kipas angin :
- Kabel power, kabel ini biasanya terdiri dari tusuk kontak untu kesumber listrik dan kontra steker untuk ke terminal, agar aliran listrik bisa masuk.
- Sakelar (switch)
- Timer, alat setting yang digunakkan untuk mengatur waktu pemakaian.
- Spool atau gulungan dinamo, sebagai penimbul magnet motor penggerak kipas atau baling-baling.
- Rotor
- Boost as, tempat pemasang baling-baling
- Bodi spool atau casing spool, dudukan atau tempat motor penggerak rotor.
- Motor rotary, penggerak arah kipas
- Baling-baling, berfungsi untuk meniup udara dalam peralatan agar keluar
- Kunci baling-baling.
MENGATASI PERMASALAHAN SEPUTAR KIPAS ANGIN

Kipas angin tidak berputar :
- Lepas kabel power dari stop kontak
- Periksa kabel power dengan menggunakan alat multitester atau avometer. Apabila ada salah satu kabel yang putus atau tidak tersambung, solder ulang kabel tersebut atau sambung kembali. Jika kabel power sudah rusak atau terbakar, Sebaiknya ganti dengan kabel power yang baru . kabel power ini bisa didapat dan dibeli ditoko elektronik atau toko  listrik
- Periksa switch atau sakelar menggunakan avometer. Caranya, tempelkan kabel avometer pertama keujung sakelar dan kabel avometer kedua pada switch pertama, kedua, ketiga sebanyak sakelar yang ada secara bergantian, sampai kondisinya dipastikan tersambung sempurna . Jarum pada avometer bergerak ke kanan , berarti  normal. Jika jarum tidak bergerak kekanan , berarti sakelar rusak, sebaiknya dilepas dan diganti dengan yang baru. Sakelar baru bisa dibeli ditoko elektronik atau toko listrik.
- Jika kipas angin anda memiliki timmer, pastikan alat itu dalam kondisi normal atau tidak rusak dengan cara menempelkan kedua ujung timer pada masing-masing ujung kabel avometer. Apabila jarum avometer bergerak ke kanan  berarti timmer dalam kondisi normal.
- Jika anda sudah memeriksa kabel power, switch, dan timmer, tetapi kipas masih belum bisa berputar, periksa dinamo kipasnya.
- Jika kondisi dinamo tidak bergetar atau tidak berdengung sama sekali, bongkar bagian spool dianmo. Periksa ada tanda terbakar atau tidak. Jika terdapat tanda terbakar ganti dinamo atau gulung ulang dinamo kipas angin anda.
- Jika tidak ada tanda-tanda terbakar pada spool, kemungkinan terbesar thermofuse yang terpasang pada sela-sela gulungan spool dinamo putus. Cara mengatasinya thermofuse dilepas atau dipotong lalu sambungkan antara kedua potongan tersebut atau ganti dengan thermofuse yang baru dan sambung dengan spool seperti semula.

Kipas angin berputar pelan-pelan
- Lepaskan kabel power dari stop kontak
- Lepaskan komponen bagian atas kipas, mulai dari bodi, kunci baling-baling kipas, dan baling-baling kipasnya.
- Periksa bagian boost as yang berongga, perlu diganti atau hanya perlu dibongkar , kemudian dibersihkan dan diberi minyak pelumas pada posisi as dan boost as
- Jika dengan cara memasang ulang dan melumasi bagian spool atau mesin, kipas masih berputar pelan-pelan, periksa gulungan dinamonya. Jika hasil tegangan kumparan dinamo sudah melemah . Anda harus mengganti atau menggulung ulang dinamo tersebut . Penggulungan bisa dilakukan ditempat penggulungan dinamo.

 Suara kipas angin berisik
Seringkali kipas angin menimbulkan suara berisik. Hal ini disebabkan beberapa permasalahan berikut :
    Baling-baling kipas berputar tidak seimbang, periksa keseimbangan putaran kipas
    Baut pengikat kipas terhadap poros kendor, periksa baut pengikat dan kencangkan .
    Rumah kipas kendor atau bersinggungan dengan baling-baling kipas, periksa dan betulkan posisinya
    Bongkar semua yang berhubungan dengan baling-baling, bersihkan, kemudian pasang ulang dengan benar.
      MERAWAT KIPAS ANGIN

      Merawat kipas angin sebenarnya tidak susah. Berikut cara praktis merawat kipas angin  :
      • Gunakan kipas angin seperlunya saja, selain untuk menghemat energi listrik dirumah anda juga untuk menjaga kipas angin tahan lama.
      • Sebaiknya kipas angin tidak dalam keadaan menyala terus menerus, karena dalam kondisi panas , lama kelamaan spool mudah terbakar.
      • Apabila putaran baling-baling sudah mulai tidak lancar atau berhenti, tetapi mesin masih ada getaran dan dengungan segera lepaskan kabel power agar spool tidak sampai terbakar , Buka sekrup sekrup pengikat motor dan keluarkan dari kerangka. Berilah tetesan minyak pelumas pada leher as depan dan belakang.
      • Jika baling-baling sudah mulai kotor, bersihkan kipas angin dengan cara berikut :
      - Buka sekrup pengikat , keluarkan balig baling kemudian cucilah dengan air hangat dan keringkan dengan lap kain bersih
      - Bersihkan motor dengan kuas, selanjutnya rakit kembali bagian bagian dari kipas angin tadi menurut urutannya.

      TIPS MEMBELI KIPAS ANGIN
      - Perhatikan kualitas bahan bodi kipas angin yang terbuat dari plastik. kipas angin yang bagus biasanya meiliki bahan plastik yang bagus dan jangan memilih bahan plastik yang mudah pecah
      - Perhatikan tebal atau tipisnya gagang atau penyangga kipas angin listrik, pilihlah yang tebal
      - Untuk mendapatkan angin yang lebih kencang. Pilihlah daun kipas yang lebar dan tebal sesuai denga besar kecilnya ukuran kipas angin tersebut
      - Periksa semua komponen kipas angin, dari bodi sampai spool. spool yang bagus menggunakan kawat yang sesuai dengan ukuran kipas. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil . Jika ukuran spool terlalu besar , akan mengakibatkan daya pada kipas naik dan kipas menjadi cepat panas.
      - Perhatikan ptaran motor rotary pada kipas angin , bergerak dengan sempurna atau tidak , dan dengarkan ada suara yang mengganggu atau tidak . apabila kipas berputar mengeluarkan suara , berarti gigi motor rotary ada yang berlubang atau rusak.
      - Pilihlah kabel dan steker kipas angin berkualitas bagus , kabel yang bagus , bahan pembungkusnya lebih halus dan kuat. Untuk steker pilih dari bahan plastik yang bagus dan kaki steker berbahan pelat yang bagus.
      - Perhatikan switch atau sakelar , berfungsi dengan baik atau tidak , apabila ditekan , switch atau sakelar akan langsung atau cepat bekerja. Rasakanlah entakan pegas pada sakelar saat anda menekan switch atau sakelar.
      - Belilah produk kipas angin yang mempunyai garansi resmi.
      Demikianlah cara kerja dan tahap demi tahap yang ada pada kipas angin alat rumah tangga yang sering digunakan oleh semua orang dalam kehidupan sehari-hari.
      Baca juga Cara memperbaiki Setrika Listrik

      SEMOGA BERMANFAAT

      Postingan terkait: